You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Catur
Desa Catur

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Catur untuk seluruh masyarakat.

Profil Masyarakat Desa

Admin Desa Catur 07 Agustus 2018 Dibaca 8.288 Kali

Profil Masyarakat Desa

 

Kegiatan sosial masyarakat di Desa Catur, diantaranya: kerja bakti (gotong royong), pengajian-pengajian, siskamling, TAGANA, karang taruna, PKK, posyandu, arisan, kelompok tani, kelompok ternak, WKT dan UP2K. Sikap kegotongroyongan, kerukunan, kepedulian dan kebersamaan masih dijunjung tinggi di Desa Catur.

 

2. Budaya

Masyarakat Desa Catur masih melestarikan adat budaya warisan nenek leluhur.  Dalam kehidupan sehari-hari, tercermin perilaku budaya dengan tata karma yang sangat dijunjung tinggi, seperti adat bertamu, adat bertutur kata, adat berpakaian, adat bermusyawarah dan sebagainya.

Berbagai kegiatan budaya masih sering dilaksanakan di Desa Catur, diantaranya: menyame braye ( saling bantu sesama tetangga). Untuk menjaga hubungan baik dengan Alam Masyarakat di Desa Catur setiap sasih kelima, enam dan Sembilan rutin melaksanakan Upacra pembersihan alam semesta sehingga tercipta keseimbangan yang harmonis. Setiap bulanya msayarakat selalu melakukan bertemuan untuk melaksanakan Musaywarah mupakat untuk membahas apa yang perlu dilakukan sebelum melakukan suatau kegiatan.

 

3. Keadaan Ekonomi

Potensi perekonomian di Desa Catur cukup beragam di berbagai sektor, antara lain: pariwisata, pertanian, peternakan, dan industri kecil. Desa Catur memiliki obyek wisata yang cukup potensial yaitu Perkebunan Agropolitan, Wisata Alam, Wisata Religi, Wisata Herbal. Dari sector Perkebunan Agropolitan Desa Catur memiliki potensi seperti Tanaman Kopi, Tanaman Jerukdan Perkebunan Bunga Gumitir. Dari sector Wisata Alam Desa Catur memiliki Air Terjun dan Wisata Pengelukatan (wisata pembersihan diri). Dari sector Budaya Religi Desa Catur memiliki keunikan karena adanya perpaduan dua budaya Hindhu dan Budha Tionghoa, hal ini dibuktikan dengan adanya Konco yang berdampingan dengan Pura Hindu di Desa Catur. Dari sector Wisata Herbal Desa Catur memiliki Kelompok Wantia Tani yang mengolah tanam herbal menjadi suatu produk obat keluarga.

Komoditas unggulan : Kriteria komoditas unggulan secara kuantitatif adalah mempunyai nilai jual tinggi, dapat dibudidayakan, volume produksi tinggi, laju nilai penjualan dan perkiraan keuntungan produk setiap ton. Adapun komoditas unggulan tanaman pertanian berdasarkan peringkat adalah kopi, jeruk dan sayuran. Sedangkan untuk produk peternakan adalah Sapi, Kambing dan Babi.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image