You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Catur
Desa Catur

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Catur untuk seluruh masyarakat.

Adicitta Danu Kerthi Tema Yang Usung Dalam Pelaksanaan Bulan Bung Karno IV

Admin Desa Catur 14 Juni 2022 Dibaca 111 Kali
Adicitta Danu Kerthi Tema Yang Usung Dalam Pelaksanaan Bulan Bung Karno IV

Guna mendukung Program Pemerintah Provinsi Bali, Bapak Gubenu Bali yang diimplementasikan dalam Peraturan Gubenur Bali Nomor 19 Tahun 2019 tetang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali maka ditetapkan pada Bulan Juni diwajibkan untuk instasi Pemerintahan mewajibakan untuk merayakkan Bulan Bung Karno untuk mengingat serta mengenang jasa Bapak Ploklamator Indonesia Ir. Sukarno. Sesuai dengan Visi dan Misi Bapak Gubenur Bali Nangun Sat Kerti Loka Bali, dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, Pemerintah Desa Catur melaksanakan Perayaan Bulan Bung Karno IV, Selasa ( 14/6) 2022 di Area Kantor Perbekel Desa Catur.

Adapaun Tema yang diusung dalam Kegiatan ini yakni Adicitta Danu Kerti yang memiliki makna Menstanakan Air Didalam Diri, Refleksi Kepemimpinan Bung Karno) dengan tujuan :

  • Mengimplementasikan Peraturan Gubenur Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali.
  • Mengimplementasikan dan Mengaktualisasi Kepemimpinan Bung Karno dalam Bali Era Baru.
  • Mengimplementasikan Ajaran Berdaulat Secara Politik melalui Aktualisasi Nilai – Nilai Pancasila 1 Juni 1945 dalam Masyarakat.
  • Mengimplementasikan Ajaran Berdikari Secara Ekonomi melalui Pemajuan UMKM/IKM melalui Aktualisasi Ekonomi Kerti Bali.
  • Mengimplementasikan Ajaran Berkeperibadian dalam Kebuadayaan melalui Aktualisasi Tata- Titi Kehidupan Masayarakat Bali berdasarkan Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Bali Era Baru.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, dilajutkan dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Doa Bersama. Kegiatan disebut dibuka langsung oleh PLH Perbekel Desa Catur, I Made Serinteg menyapaikan “ Selamat datang kami ucapakan kepada para hadirin sekalian, terimakasih atas antusia dan telah ikut mendukung programa ini, karena sedari awal kegiatan ini Pemerintah Desa sudah menyamapikan didalam Musrenbang  Desa dan merupakan program wajib dari Pemerintah Provinsi yang harus dilaksanakan selain Program Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang pelaksanaannya ditetapkan untuk pelaksanaannya di Bulan Pebruari, saya harapakan Perayaan Bulan Bung Karno ini menjadi salah satu wadah pemersatu untuk kita semua terutamanya diruang lingkup Desa, generasai muda semua serta anak – anak semua yang ikut lomba janganlah melihat besar hadiah yang akan diterima nantinya tetapi semangat juangnya agar bisa ditingkatkan lagi, juga dimohon agar selalu siap siaga mendukung program dari Pemerintah besar maupun kecil pelaksanaanya.

Sambutan dilajutkan oleh Ketua BPD Desa Catur yang pada saai itu diwakili oleh Sekretaris BPD Catur meningatkan kita semua untuk ikut serta mendukung Program Bulan Bung Karno ini, maka dari itu perayaannya ditetapakan di Bulan Juni dikatrenakan Bualan Juni disepesialkan dikarenakan Bulan Juni merupakan Bulan kelahiran serta wafatnya Bapak Polklamator Indonesia, kita sebagai Bangsa yang sudah merdeka dan tidak merasakan perjuangan melawan penjajahan sudah sepatutnya bangga dan antusia melaksanakan kegaiatan seperti ini.

Sambuatan dilajutkan oleh Perwakilan Dewan Juri yang pada saat itu diwakili oleh Kepala Sekolah Negeri Catur menekankan kepada anak didiknya untuk tidak melihat besar maupaun kecilnya hadiah yang akan diterima tetapi kegiatan ini bisa dijadikan motivasi untuk dapat melihat perjuangan serta sebagai pelajar agar bisa mencotoh nilai juang Bung Karno, untuk dapat diterapkan dalam kehiduapan dalam menutut ilmu pengetahuan.

Sambutan dilajutkan oleh Bapak Camat Kintamani yang pada saat itu diwakilkan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Kintamani Ni Wayan Sudarmi yang diberikan tugas untuk mendamping kegiatan tersebut, beliau juga menyapaikan sangat mendukung kegiatan ini, peserta lomba diberikan pesan apapun hasilnya nanti jangan terlalu berbangga bagi yang juara dan jangan kecewa bagai yang kalah, lihatlah perjuangan yang sudah dilakukan serta dapat melihat dimana kekurangan itu agar bisa dijadikan motivasi untuk lebih maju kedepannya.

Sambutan terakir disampaikan oleh I Ketut Santosa perwakilan Dinas Provinsi Bali yang juga merupakan Tim dari Desa Kerti Bali Sejatera (KBS) didelegasikan untuk mendampingi Pelaksanaan Bulan Bung Karno di Desa Catur, dalam sambutanya beliau sangat mendukung kegiatan ini, disamapaikan agar kedepanya lebih ditingkatkan serta antusiasnya lebih maju lagi, dengan harapan lebih banyak elemen yang terlibat didalamnya.

Terkait pelaksanaan lomba ada 2 Kegiatan yang dilaksanakan yakni Cerdas Cermat tingakat Sekolah Dasar yang diikuti oleh 9 peserta yang terbagi menjadi 3 Grup dan lomba Menyayikan Lagu Perjuangan Kemerdekaan yang perencanaan awal diikuti oleh 6 peserta tetapi hanya diikuti oleh 3 peserta.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image