You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Catur
Desa Catur

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Catur untuk seluruh masyarakat.

Berikut Penjelasan Posbindu dan Posyandu Simak Penjelasannya!

Admin Desa Catur 26 September 2022 Dibaca 37 Kali
Berikut Penjelasan Posbindu dan Posyandu Simak Penjelasannya!

Digelontorkannya bantuan Dana yang berikan oleh Pemerintah Pusat memlaui Dana Desa terkait penggunaanya tidak terlepas untuk peningkatakan kesehatan selain untuk mendanai Kegiatan Posyandu yakni juga Kegiatan Posbindu. Posbindu atau Pos Pembinaan Terpadu merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakti tidak menualar yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodic oleh Kader Desa bersama dengan Bidan Desa dan Pihak Puskemas Pembantu, dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular.

Melalui kegiatan Posbindu, dapat sesegera mungkin dilakukan pencegahan faktor risiko penyakit tidak menular sehingga kejadian penyaki tidak menular di masyarakat dapat ditekan. Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat. Pemerintah Desa Catur sebagai lembaga penyelenggara melaksanakan Senin (26/09) yang dipokuskan pelaksanaannya di Kantor Perbekel Desa Catur.

Sedangkan Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare, serta Penimbangan Balita.

Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu berdasarkan pemantaun dan tindak lajut dini dapat dikelompokan yakni :

  1. Posbindu PTM Dasar meliputi pemeriksaan deteksi dini faktor risiko yang dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan.

 

  1. Posbindu PTM Utama meliputi kegiatan posbindu PTM Dasar ditambah pemeriksaan gula darah, kolesterol total, trigliserida, pengukuran arus puncak ekspirasi (APE), konseling dan pemeriksaan IVA serta pemeriksaan klinis payudara yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih (dokter, bidan, perawat kesehatan/tenaga analis laboratorium/lainnya)

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image