You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Catur
Desa Catur

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Catur untuk seluruh masyarakat.

Kunjungan Petani Organik Ke Desa Catur

Admin Desa Catur 01 November 2019 Dibaca 404 Kali
Kunjungan Petani Organik Ke Desa Catur

Kunjungan Petani Organik Sulawesi Selatan ke UPP Catur Paramita Desa Catur Jumat (01/11) 2019. Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.  Beberapa tanaman Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan dengan teknik tersebut adalah padi, hortikultura  yang meliputi tanaman sayur, buah, bunga, dan tanaman obat (contohnya: brokoli, kubis, jeruk) tanaman perkebunan ( kopi, kelapa,teh) dan rempah-rempah.  Pengolahan pertanian organik didasarkan pada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan dan perlindungan. Yang dimaksud dengan prinsip kesehatan dalam pertanian organik adalah kegiatan pertanian harus memperhatikan kelestaraian  dan peningkatan kesehatan tanah, tanaman, hewan, bumi, dan manusia sebagai satu kesatuan karena semua komponen tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan Pertanian organik juga harus didasarkan pada silkus dan sistem ekologi kehidupan Pertanian organik juga harus memperhatikan keadilan baik antarmanusia maupun dengan makhluk hidup lain di lingkungan Untuk mencapai pertanian organik yang baik perlu dilakukan pengelolaan yang berhati-hati dan bertanggungjawab melindungi kesehatan dan kesejahteraan manusia baik pada masa kini maupun pada masa depan

Dalam Kujungan tersebut dijelaskan oleh I Gusti Mangku Rupa selaku pelaku pertanian di Desa Catur bagaiman proses pemeliharaan tanaman kopi dari proses penanaman  hingga menghasilakan, di sampaikan bahwa dalam pengolahan biji kopi semua elemen tidak ada yang terbuang mulai dari biji, lendir, kulit kopi dan daun kopi.  Lendir dan kulit kopi yang dapat dimanfatakan menjadi pupuk organik untuk pupuk tanaman itu sendiri. Daun kopi yang dipisahakan dari tangakinya diolah menjadi teh kopi, sehingga semua elemen dari tanaman kopi dapat dimanfaatkan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image