You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Catur
Desa Catur

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Catur untuk seluruh masyarakat.

Sosialisai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Guna Wujudkan Desa Yang ODF

Admin Desa Catur 25 Agustus 2021 Dibaca 578 Kali
Sosialisai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Guna Wujudkan Desa Yang ODF

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikatoroutcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikatoroutput STBM adalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

    STBM terdiri dari 5 pilar:

      1. Stop buang air besar sembarangan;
      2. Cuci tangan pakai sabun;
      3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
      4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
      5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Dinas Kesehatan Kabuapaten Bangli bersama rombongan memberikan pembinaan kepada Kader yang ada Di Desa Catur, hal yang lebih ditekanan yakni terutamanya kepada para Kader Posyandu agar bisa memberikan contoh serta perhataian karena kader posyandulah merupakan kader didesa yang erata kaitanya denga  penerapan pola hidup bersih dan sehat, 

Dalam kesepatan tersebut hadir Perbekel Desa Catur, Kepala Kewilayahan, Ibuk Kadus, Kader Desa yang dilaksanakan Selasa (23/8) bertempat di Kantor Perbekel Desa Catur.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Guna mewujdkan Desa ODF, Dinas Kesehatan Kabuapaten Bangli mengharapak kepada Desa agar memastikan semua warganya sudah mempunyain jamban yang layak agar perlikau membuang air besar sembarangan berkurang bahakan tidak ada lagi agar mewujudkan Desa yang ODF bisa tercapai, karena pencemaran lingkungan sanagat memberikan dampak bagi kesehatan dan kelangsungan hidup baik itu lingkungan maupun manusia itu sendiri.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image